Sejarah Desa

Sejarah Kampung

Asal-usul Kampung

Kampung Karya Makmur mulai berdiri setelah ada Penempatan dari Transmigrasi Lokal Tahun 1983 dari Karang Sari dan Gunung Balak . nama kampung bernama B III SP III, dikepalai oleh  PJ. Kepala Kampung Bernama Jaingan, Tahun 1984 terjadi Pemisahan  kampung menjadi dua, yaitu Kampung Wono Rejo dan Kampung Karya Makmur. mulai tahun 1986 sudah mulai difinitive dengan  melakukan pemilihan kepala kampung dan yang terpilih adalah Sujiman.

Mulai sejak itu nama Kampung adalah Karya Makmur, lama – kelamaan menjadi ramai dengan adanya pendatang yang ingin menetap dan tinggal di Kampung Karya Makmur. Lebih ramai lagi pada bulan Juni Tahun 1986 membuka pemekaran kampung yang diberi nama swakarsa dengan 82 KK yang berasal dari pemecahan KK dari kampung induk. Kampung Karya Makmur terkenal di kalangan penduduk atau Kampung sekitar bahkan terdengar sampai keluar kota kabupaten bernama embal karena ada rawa yang bernama embal.

Kampung Karya Makmur sudah mulai maju dengan menjadi plasma perusahaan perkebunan Kelapa Sawit PT. Sumber Indah Perkasa dengan total lahan 256 H. Selain itu penduduk kampung Karya Makmur rata-rata mata pencaharian nya adalah Petani Karet dan Sawit Pribadi .

Namun demikian Plasma dan Karet serta Sawit Pribadi sekarang sudah mulai banyak yang berpindah kepemilikan, rata-rata bahkan mencapai 70 % dimiliki oleh orang diluar kampung Karya Makmur.

 

Sejarah Pemerintahan Kampung

NAMA-NAMA KEPALA KAMPUNG
SESUDAH BERDIRINYA KAMPUNG KARYA MAKMUR

No Periode Nama Kepala Kampung Keterangan
1 1984 s/d 1986 SUHARNO PJ
2 1986 s/d 2001 SUJIMAN
3 2001 s/d 2006 SUJIMAN
4 2006 s/d 2011 SUTRISNO
5 2011 s/d Sekarang SUWITO